Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Fisik Standar Sarpras Untuk Lembaga Kursus Pelatihan ( LKP )

Pengaturan atau dalam banyak buku-buku manajemen disebut organizing pada hakikatnya adalah membagi-bagi pekerjaan dan penugasan sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan dalam organisasi. Ruang lingkup pekerjaan dalam organisasi begitu luas sehingga perlu dikelompokkan ke dalam beberapa bagian. Bagian- bagian dalam organisasi bisnis pendidikan biasanya meliputi: Sumber daya manusia- PTK, administrasi umum dan keuangan, pemasaran, akademik, logistik – sarana dan prasarana. Bagian-bagian ini dapar berkurang atau bertambah sesuai dengan besar kecilnya organisasi. Organisasi besar, sebagai contoh, dapat memiliki bagian kerjasama yang menangani kerja sama atau kemitraan dengan pihak-pihak luar organisasi.

Bukti Fisik Standar Sarpras Untuk Lembaga Kursus Pelatihan ( LKP )

Struktur Organisasi
Untuk memudahkan kooordinasi dalam suatu organisasi bisnis, dibuat struktur organisasi yang berisi bagian-bagian dan sub-bagian disertai dengan ruang lingkup tugas dan kewenangannya. Siapa, mengerjakan apa, ruang lingkup pekerjaannya, bertanggung jawab pada siapa, memiliki kewenangan apa, dan garis koordinasinya dalam melaksanakan tugasnya. Organisasi yang baik memiliki struktur organisasi yang jelas diserta dengan uraian tugas untuk setiap jabatan yang ada dalam organisasi tersebut.

Struktur organisasi perlu ditetapkan dengan surat keputusan Badan Hukum Penyelenggara LKP atau Pimpinan pengelola LKP. Struktur organisasi yang telah ditetapkan perlu disosialisasikan kepada suluruh pemangku kepentingan di LKP agar semua anggota SDM di LKP tersebut memahami dan melaksanakan garis komando dan koordinasi seperti yang tergambar pasa struktur organisasi. Gambar struktur organisasi juga perlu dipajang di kantor pimpinan LKP.

Uraian Tugas
Uraian tugas memungkinkan seseorang bekerja secara fokus sesuai dengan daftar tugas yang dibebankan kepadanya. Uraian tugas juga menghindarkan seseorang bertabrakan dengan jabatan lain dalam melksanakan tugas pekerjaannya. Uaraian tugas biasanya berisi: jabatan, kualifikasi kecakapan yang diperlukan, melapor kepada siapa, ruang lingkup tugas beserta uraiannya, wewenang dan tanggung jawabnya, dll. yang diperlukan.

Uraian tugas dapat dijadikan pedoman dalam menilai kinerja seseorang yang menduduki jabatan tertentu. Uraian tugas dan indikator ketercapaian pelaksanaan tugas merupakan acuan untuk menilai kinerja seseorang. Instrumen penilaian kinerja seseorang harus mengacu pada uraian tugas yang dibebankan kepadanya. Prosentasi ketercapaian pada setiap tugas yang dibebankan pada seseorang merupakan kinerja orang tersebut.

Download File
Standar Kompetensi Lulusan ( 3 Butir ), DISINI
Standar Isi ( 11 Butir ), DISINI
Standar Proses ( 14 Butir ), DISINI
Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan ( 6 Butir ), DISINI
Standar Sarana dan Prasarana ( 11 Butir ), DISINI
Standar Pengelolaan ( 19 Butir ), DISINI
Standar Pembiayaan ( 5 Butir ), DISINI
Standar Penilaian Pendidikan ( 8 Butir ), DISINI

Download Rubrik Penilaian Akreditasi LKP, DISINI
Download Kisi-Kisi Instrumen Akreditasi LKP, DISINI
Download Instrumen Akreditasi LKP, DISINI

Download File
Bukti Fisik Standar Sarpras Untuk Lembaga Kursus Pelatihan ( LKP ), DISINI

Posting Komentar untuk "Bukti Fisik Standar Sarpras Untuk Lembaga Kursus Pelatihan ( LKP )"

bukti akreditasi lengkap