Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Jenjang PAUD (TK RA KB TPA BA) Lengkap

Anak Usia dini mencakup janin dalam kandungan sampai dengan usia 6 tahun. Pengelompokan anak
usia dini: janin dalam kandungan sampai lahir; bayi usia 0 – 28 hari; anak usia 1 – 24 bulan; anak usia 2 – 6 tahun’
Pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistematis.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kopetensi Kelulusan
Tujuan dan Sasaran
Tujuan
Agar seluruh kebutuhan esensial anak usia dini dapat terpenuhi, sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan usianya.
Sasaran
Sasaran langsung: anak usia dini sejak janin dalam kandungan sampai dengan usia 6 tahun.
Sasaran tidak langsung: orang tua, keluarga, kader, tenaga kesehatan dan gizi, pendidik, pengasuh, masyarakat, organisasi sosial masyarakat, para pengambil kebijakan, berbagai provider dan stakeholder lainnya yang relevan dengan terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini.

Masa Emas Tumbuh kembang Anak:
Pertumbuhan dan Perkembangan anak sejak dalam rahim sampai usia 6 tahun sangat menentukan derajat kesehatan, intelegensia, kematangan emosional dan spiritual, serta produktivitas manusia di masa berikutnya.
Berdasarkan pengamatan teknis, periode kritis pembentukan kemampuan anak dalam kurun waktu dua tahun pertama secara biologis berada pada tahap yang sangat prima untuk mengembangkan struktur syaraf atau keterampilan yang dipengaruhi oleh stimulus yang tepat.

Pengaruh Asupan Gizi, Pola Asuh, dan Stimulasi Dini:
Asupan Gizi
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan zat gizi makro dan mikro merupakan penyebab utama terjadinya gangguan tumbuh kembang anak.

Pola Asuh
Pengasuhan penuh kasih sayang merupakan hak setiap anak yang sekurang-kurangnya dipenuhi oleh satu orang dewasa.

Stimulasi Dini
Pemberian rangsangan perkembangan pada anak usia dini sangat penting untuk melejitkan semua aspek perkembangan yang mencakup perkembangan visual, pendengaran, fisik-motorik, bahasa dan
komunikasi, sosial-emosional, moral-spiritual, dan kemampuan kognitif yang lebih tinggi dengan mengedepankan kebebasan memilih, merangsang kreativitas, dan penumbuhan karakter.

Manfaat dan Pendekatan:
Manfaat
Berbagai evaluasi ilmiah menunjukkan bahwa pelayanan anak usia dini memberikan manfaat yang positif. Hasil studi mengungkapkan bahwa investasi yang diberikan pada kelompok penduduk yang berusia dini akan memberikan hasil berlipat ganda di kemudian hari.

Pendekatan
Mengingat anak merupakan suatu totalitas yang utuh, maka pengembangannya harus dilakukan secara holistik (utuh dan menyeluruh) dan tidak tersekat-sekat oleh ego sektoral.
Download File

Posting Komentar untuk "Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Jenjang PAUD (TK RA KB TPA BA) Lengkap"

bukti akreditasi lengkap