Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran PAUD (TK RA KB TPA BA)

Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran PAUD

Tujuan Penilaian
Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui dan menindaklanjuti pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai peserta didik selama mengikuti pendidikan PAUD.

Fungsi Penilaian
Fungsi penilaian adalanh sebagai berikut :
  1. Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran, termasuk dalam penyusunan program kegiatan.
  2. Memberikan bahan pertimbangan bagi guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap peserta didik agar fisik maupun psikisnya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
  3. Memberikan bahan pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam kegiata yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
  4. Memberikan informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak sebagai bentuk pertanggung jawaban PAUD.
  5. Memberikan informasi bagi orangtua untuk melakukan pendidikan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran di PAUD. Memberikan bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka pembinaan selanjutnya terhadap peserta didik.


Prinsip – Prinsip Penilaian
Sistematis
Penilain harus dilakukan secara sistematis, artinya kegiatan penialaian dilakukan secara teratur dan terprogram, sesuai dengan rencana yang telah disusun, kebutuhan nyata yang ada di lapangan, dan atau karakteristik penggunaan instrument yang akan digunakan.

Menyeluruh
Penilain mencakup semua aspek perkembangan anak yang meliputi : nilai – nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, serta social emosional. Disamping aspek yang dinilai, sesuai sifat dan tingkat kedalamannya, kegiatan penilaian juga dapat menggali data dari berbagaisumber yang relevan dengan aspek yang dinilai.

Berkesinambungan
Penilain dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Objektif
Proses dan hasil – hasil penilaian dilakukan sesuai dengan kondisi anak yang sebenarnya dan semata – mata untuk kepentingan pertumbuhan dan perkembangan anak.oleh karenanya hal – hal lain yang tidak berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak menjadi bagian dari pertimbangan dalam penilaian.

Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi peserta didik, orangtua, guru dan pihak lain yang relevan.

Teknik Penilaian
Penilaian di PAUD dilaksanakan berdasarkan gambaran / deskripsi pertumbuhan dan perkembangan, serta unjuk kerja peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan berbagai teknik penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran sehari – hari, penggunaan berbagai teknik penilaian ini terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran itu sendiri, sehingga guru tidak harus menggunakan instrument khusus. Untuk anak – anak yang menunjukkan perkembangan dan perilaku yang khas, dan memerlukan penanganan secara khusus diperlukan instrument yang khusus pula seperti disajikan dalam lempiran pedoman. Beberapa teknik penilaian yang dapat dilakukan di PAUD, diantaranya :

Observasi
Observasi merupakan pengamatan yang dilakukan secara langsung dan alamiah untuk mendapatkan data dan informasi tentang perkembangan anak dalam berbagai situasi dan kegiatan yang dilakukan. Agar observasi lebih terarah, guru dapat menggunakan instrument observasi, baik yang dikembangkan oleh guru sendiri maupun menggunakan instrumen yang sudah tersedia, dengan tetap mengacu pada indicator pencapaian perkembangan anak.

Catatan Anekdot
Catatan anekdot pada dasarnya merupakan bagian dari teknik observasi. Catatan anekdot lebih memfokuska pada catatan tentang sikap dan perilaku anak yang terjadi secara khusus atau peristiwa yang terjadi secara incidental / tiba – tiba.
Percakapan
Percakapan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai sesuatu hal.

Penugasan
Penugasan merupakan cara penilaian berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan peserta didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok. Misalnya : melakukan percobaan dengan menanam cabe, tomat dan kacang – kacangan, membuat berbagai bentuk dengan bahan dasar plastisin, tanah liat, adonan (playdough) dan jenis penugasan lainnya.

Unjuk Kerja (Performance)
Unjuk kerja merupakan penilaian yang menuntut peserta didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktek menyanyi, olahraga, menari dan bentuk praktek lainnya.

Hasil Karya
Hasil karya adalah hasil kerja peserta didik setelah melakukan sesuatu kegiatan dapat berupa pekerjaan tangan atau karya seni. Hasil karya anak dapat dipajangkan dalam bentuk mandiri atau bentuk pameran karya anak yang disajikan secara bersama – sama.

Pengembangan Perangkat Penilaian Sendiri
Seorang guru dimungkinkan untuk mengembangkan perangkat evaluasi atau asesmen sendiri, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk mendapatkan gambaran secara lebih rinci berkenaan dengan aktifitas anak, seorang guru dapat mengembangkan instrumen observasi untuk mengamati aktifitas anak dalampercobaan sains, atau instrument untuk mengetahui minat anak terhadap bahan bacaan.

Penggunaan Instrumen Standar
Disamping instrument yang dikembangkan oleh guru, instrument lain yang juga dapat digunakan, khususnya dalam kegiatan asesmen dan untuk kasus – kasus yang perlu penanganan khusus adalah instrument – instrument yang terstandar, seperti instrument untuk mendeteksi tingkat kecerdasan atau kematangan anak. Penggunaan instrument ini umumnya melibatkan pihak lain yang ahli di bidangnya.

BACA JUGA : 

Portofolio
Portofolio pada hakikatnya merupakan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan atau catatan – catatan guru tentang berbagai aspek perkembangan anak dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam kurun waktu satu semester atau satu tahun. Berdasarkan data tersebut, guru melakukan analisis untuk memperoleh kesimpulan tentang gambaran akhir perkembangan anak berdasarkan semua indicator yang telah ditetapkan setiap semester.

Donwload File
bukti akreditasi lengkap

Posting Komentar untuk "Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran PAUD (TK RA KB TPA BA) "