Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Pendidik Dan Tenaga Pendidik ( PTK ) Untuk Jenjang PAUD, TK Dan RA

Ditetapkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 yang telah mendorong disusunnya buku pedoman penilaian ini, hendaknya dipahami tidak sekedar proses penyesuaian program kegiatan dengan tuntutan perkembangan, tetapi juga lebih pada pergeseran pradigma pendidikan yang berorientasi pada proses dan hasil pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut, upaya mencapai Standard Tingkat Pencapaian Perkembangan peserta didik, hendaknya dilakukan melalui proses yang sejalan dengan prinsip pendidikan anak usia dini itu sendiri. Cara – cara yang dilakukan oleh guru yang satu dengan guru yang lain, antara satuan pendidikan yang satu dengan satuan pendidikan yang lain, dimungkinkan untuk beragam, sepanjang satu jalur dengan prinsip – prinsip pendidikan anak usia dini.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Pendidik Dan Tenaga Pendidik

Disamping itu dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai sumber daya manusia yang bermutu sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan, maka perlu dilakukan penilaian pross danhasil belajar secara sistematis dan berkelanjutan. Penilaian merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukkan secara tepat bahwa kompetensi yang telah ditetapkan benar – benar dikuasai dan dicapai peserta didik. Proses penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran dan bersifat menyeluruh (holistic) yang mencakup semua aspek perkembangan peserta didik baik aspek kognitif, afektif, maupun sensori-motorik.

Oleh sebab itu agar tujuan penilaian tersebut tercapai, guru hendaknya memiliki pengetahuan berbagai metoda dan teknik penilaian sehingga ia dapat memiliki keterampilanmemilih dan menggunakan dengan tepat metoda dan teknik yang dianggap paling sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran, serta pengalaman belajar yang telah ditetapkan.

Pedoman ini disusun untuk diajukan acuan bagi para guru, tenaga pendidikan dan penyelenggara pendidikan dalam melaksanakan penilaian pendidikan di PAUD. Dengan melaksanakan penilaian secara benar sesuai prinsip – prinsip penilaian, diharapkan peserta didik dapat tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin sehingga mutu pendidikan di PAUD lebih meningkat. Dalam pelaksanaanya guru dapat mengembangkan penilaian sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan kondisi daerah masing – masing.
Download File

Posting Komentar untuk "Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Pendidik Dan Tenaga Pendidik ( PTK ) Untuk Jenjang PAUD, TK Dan RA"

bukti akreditasi lengkap