Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

File Bukti Fisik Akreditasi Terbaru Jenjang Paud/RA, SD/MI, SMP/MTs Dan SMA/MA

File Bukti Fisik Akreditasi

Bagi sekolah/Madrasah yang akan melaksanakan akreditasi, kami menyediakan bukti fisik akreditasi  dari standar 1 - 8 lengkap tinggal edit nama lembaga masing-masing sekolah/madrasah.

Contoh Dokumen
Download File
File Bukti Fisik Akreditasi Jenjang SMA/MA

Dan Untuk PAUD/RA di bawah ini :

akreditasi-paud-RA


Jenjang Paud/RA
Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, yang disebut Standar PAUD adalah kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidiikan anak usia dini, Standard PAUD merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Standard PAUD menjadi acuan dalam  pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum PAUD. Standard PAUD terdiri atas :
  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA); STPPA merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini STPPA merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD STTPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, serta seni.
  2. Standar Isi; Standar Isi adalah kriteria tentang lingkup materi dan kompetensi menuju tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak. Meliputi program pengembangan yang disajikan dalam bentuk tema dan sub tema
  3. Standar Proses; Standar Proses adalah kriteria tentang pelaksanaan pembelajaran pada satuan atau program PAUD dalam rangka membantu pemenuhan tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak.
  4. Standar Penilaian; Standar Penilaian adalah kriteria tentang penilaian proses dan hasil pemebelajaran dalam rangka mengetahui tingkat pencapaian yang sesuai dengan tingkat usia anak. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah kriteria tentang kualifikasi akademik dan kompetensi yang dipersyaratkan bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.
  5. Standar Sarana dan Prasarana; Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria tentang persyaratan pendukung penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan anak usia dini secara holistik dan integratif yang memanfaatkan potensi lokal
  6. Standar Pengelolaan; Standar Pengelolaan adalah kriteria tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan atau program PAUD.
  7. Standar Pembiayaan. Standar Pembiayaan adalah kriteria tentang komponen dan besaran biaya personal serta opersional pada satuan atau program PAUD.
Jenjang SD/MI
Instrumen Akreditasi SD/MI disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar  asional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 157 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI untuk masing-masing komponen seperti ditunjukkan di bawah ini.
  1. Standar Isi 1 — 18
  2. Standar Proses 19 — 29
  3. Standar Kompetensi Lulusan 30 — 46
  4. Standar Pendidik dan Tendik 47 — 65
  5. Standar Sarana dan Prasarana 66 — 90
  6. Standar Pengelolaan 91 — 110
  7. Standar Pembiayaan 111 — 135
  8. Standar Penilaian Pendidikan  136 - 157
Jenjang SMP/MTs
Instrumen Akreditasi SMP/MTs disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 169 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMP/MTs untuk masing-masing komponen ditunjukkan pada Tabel 1 berikut.
  1. Standar Isi      1 ⎯ 18
  2. Standar Proses    19 ⎯ 29
  3. Standar Kompetensi Lulusan    30 ⎯ 49
  4. Standar Pendidik dan Tendik    50 ⎯ 75
  5. Standar Sarana dan Prasarana    76 ⎯ 103
  6. Standar Pengelolaan 104 ⎯ 123
  7. Standar Pembiayaan 124 ⎯ 148
  8. Standar Penilaian Pendidikan 149 ⎯ 169 
Jenjang SMA/MA
Instrumen Akreditasi SMA/MA disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 165 butir pernyataan tertutup yang terdiri dari lima opsi jawaban. Bobot Komponen dan Bobot Butir Instrumen Akreditasi SMA/MA diperlihatkan pada Tabel 1 berikut ini: 
  1. Standar Isi      1 - 18
  2. Standar Proses    19 - 27
  3. Standar Kompetensi Lulusan    28 - 52
  4. Standar Pendidik dan Tendik    53 - 72
  5. Standar Sarana dan Prasarana    73 -102
  6. Standar Pengelolaan 103 - 122 
  7. Standar Pembiayaan 123 - 146
  8. Standar Penilaian 147 - 165.

Posting Komentar untuk "File Bukti Fisik Akreditasi Terbaru Jenjang Paud/RA, SD/MI, SMP/MTs Dan SMA/MA"

bukti akreditasi lengkap