Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Al Qur'an Hadits K13 Revisi Terakhir Kelas XII Jenjang MA

Islam sebagai agama tauhid sangat memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemanusiaan, Salah satu tema penting dalam al-Qur`an dan al-Hadits adalah kemiskinan dan upaya menanggulanginya. Perhatian Islam terhadap kemiskinan tidak ada bandingnya. Hal ini terbukti secara konkrit banyak dari ajaran-ajaran tentang ubudiyyah yang berorientasi kepada pemberdayaan orang-orang miskin, misalnya zakat, shadaqah, fidyah, kaffârah, al-fay`; yang objek pendistribusiannya adalah fuqarâ` dan masâkîn.

Perangkat Pembelajaran Al Qur'an Hadits K13 Revisi Terakhir Kelas XII Jenjang MA

Logika matematika yang digunakan al-Quran berbeda jauh dengan logika matematika yang kita ketahui melalui bangku sekolah, karena mengeluarkan satu kebaikan sama dengan menambah sepuluh kali kebaikan (Q.S. al-An`âm [6]: 160), bahkan satu kebaikan sama nilainya dengan tujuh ratus kebaikan. (Q.S. al-Baqarah [2]: 261). Tidak akan pernah habis, harta yang dikeluarkan untuk shadaqah dan menyantuni dlu`afâ`.

Wudlu adalah salah satu bentuk ibadah mahdlah, meskipun menyempurnakan wudlu itu wajib, tetapi penggunaan air untuk mendapatkan wudlu yang sempurna tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu Abu Nu`aim meriwayatkan dari Anas, berkata: Tidak ada baiknya berwudlu dengan air yang berlebihan. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat melimpah. Tetapi penggunaan air yang berlebihan meskipun untuk kesempurnaan ibadah tetap tidak diperkenankan. Sebenarnya ungkapan rasulullah saw ini kalau kita cermati, tidak hanya berlaku untuk air saja, tetapi untuk semua sumber daya alam, dan hadits ini melarang kita untuk mengeksploitasi sumber alam secara berlebihan.

Q.S. al-Qashash [28]: 79-82

Artinya: “Maka keluarlah Qarun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benarbenar mempunyai keberuntungan yang besar”(79) Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: “kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar” (80) Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yang menolongnya terhadap adzab Allah. dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).(81) Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencitacitakan kedudukan Qarun itu. berkata: “aduhai. benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)”

Penjelasan
Qarun, ditakdirkan menjadi orang yang memiliki segalanya, kekayaan yang melimpah, suara yang sangat merdu dan wajah yang tampan, dan semua orang mengetahui hal ihwalnya. Meskipun demikian karena kesombongannya, Qarun senang sekali memamerkan kekayaannya. Sehingga suatu ketika, sebagaimana yang disebutkan di ayat 78, Qarun berjalan di tengah khalayak ramai dengan membawa serta kekayaan dan perhiasan-perhiasannya, termasuk pelayan-pelayannya yang cantik dan kuda-kuda yang menurut beberapa ahli tafsir, jumlah masing-masing tidak kurang dari 1000. Mensikapi kekayaan yang dimiliki oleh Qarun ini, manusia pada umumnya terbagi menjadi dua golongan: Pertama, golongan manusia yang berangan-angan mendapatkan kekayaan dunia seperti yang telah diberikan kepada Qarun, sebagaimana yang disebutkan oleh Allah di ayat 80. Kedua, adalah golongan manusia yang mensyukuri apa pun yang telah diberikan Allah kepadanya, dan tidak berangan-angan memiliki kelebihan yang diberikan kepada orang lain. Dalam hal ini Allah berfirman di Q.S al-Nisâ’ [4]: 32:

Download File
Perangkat Pembelajaran Al Qur'an Hadits K13 Revisi Terakhir Kelas XII Jenjang MA, DISINI

Posting Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran Al Qur'an Hadits K13 Revisi Terakhir Kelas XII Jenjang MA"

bukti akreditasi lengkap