Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs K13 Revisi Terbaru

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari kegiatan nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan sosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan IPTEK yang mendasarkan pada budaya lokal. Hal ini diajukan karena kekuatan local genius dan local wisdom masih unggul dan menjadi sistem nilai kerja pada setiap daerah sebagai potensi lokal. Konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya berbasis budaya, diselenggarakan pada tingkat awal. Konten pendidikan Prakarya dari kearifan lokal berupa pendidikan:

Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs  K13 Revisi Terbaru

Tata nilai, sumber etika, dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi tepat guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal.
Dasar pembelajaran berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai ‘kearifan lokal’ dan ‘jati diri’ sehingga tumbuh semangat kemandirian, kewirausahaan, dan kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal. Hal ini didasari pada kondisi nyata bahwa pengaruh kuat budaya luar masih perlu mendapat perhatian terhadap budaya siswa.

Pelajaran Prakarya juga memperhatikan wawasan pasar, dengan mendasarkan pada prinsip pendidikan dan latihan (diklat). Hal ini sesuai dengan harapan Inpres No. 6 tahun 2009 tentang Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, dan Belajar Aktif dan Naturalistik dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual. Isi Instruksi

Presiden tersebut menyangkut kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk periode 2009-2015, yakni pengembangan kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Tantangan pelajaran Prakarya dalam menghadapi persoalan internal dan eksternal dibutuhkan keterpaduan: (1) pemahaman nilai tradisi dan kearifran lokal serta teknologi tepat guna, (2) adopsi sistem produksi dengan teknologi dasar, serta (3) mendasarkan wawasan pelatihan dengan kewirausahaan. Dasar keterampilan yang menjadi tumpuan pengembangan adalah: rekayasa, pengolahan, budi daya, dan kerajinan. Secara garis besar, pelajaran Prakarya diharapkan memperhatikan: (1) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai bagian integral yang tak terpisahkan dari pendidikan nasional, (2) pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan, (3) fasilitasi pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh, (4) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah dan orangtua, dan (5) revitalisasi pendidikan dan budaya karakter bangsa dalam menggugah semangat kebersamaan.

Kewirausahaan adalah proses dinamis antara visi yang ingin dicapai dengan perubahan lingkungan dan kemampuan berkreasi untuk menyelaraskan visi dan perubahan lingkungan. Proses dinamis tersebut perlu didorong oleh energi dan hasrat yang tinggi untuk menemukan ide-ide baru dalam memecahkan setiap persoalan yang timbul selama proses harmonisasi.

Kewirausahaan pada mata pelajaran Prakarya di SMP/MTs arah pembelajarannya lebih kepada memfasilitasi siswa mengembangkan diri dengan kecakapan hidup (life skill) dan diarahkan pada pembentukan karakter kewirausahaan dengan mengembangkan sikap, pengetahuan dan penumbuhan nilai-nilai kewirausahaan. Pembentukan nilai-nilai karakter kewirausahaan ini dimulai dari penyelarasan antara kemampuan dan kesukaan dengan minat dan motif berwirausaha dengan tujuan melatih koordinasi otak dengan keterampilan teknis. Selain itu, pengembangan keterampilan diarahkan kepada teknologi tepat guna dengan mengganti bahan, bentuk serta keteknikan kepada pemenuhan prakarya family/home skill dan life skill dengan berbasis pada potensi/konteks lokal (kearifan lokal) setempat.

Baca Juga  :

Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 ( RPP Format 1 Lembar )
  • Perangkat Pembelajaran MTK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Indonesia K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Inggris K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPS K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PKN K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PAI K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PRAKARYA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran SENBUD K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
Download File
Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs,

SEMESTER 1
Perangkat Pembelajaran Prakarya SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017


SEMESTER 2
Perangkat Pembelajaran Prakarya SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017

Posting Komentar untuk "Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs K13 Revisi Terbaru"

bukti akreditasi lengkap