Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen Akreditasi Puskesmas BAB 1 Penyelenggara Pelayanan Puskesmas ( PPP )

Puskesmas sebagai salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat serta visi kabupaten Jombang yaitu Bersama Mewujudkan Masyarakat Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. Agar dapat mewujudkan fungsinya, puskesmas harus memiliki sumber daya yang optimal termasuk diantaranya yang terpenting adalah sumber daya manusia. Penanggungjawab dan pelaksana kegiatan harus paham mengenai tugas pokok dan fungsinya agar program dan kegiatan dapat berjalan dengan optimal.

BAB 1 Penyelenggara Pelayanan Puskesmas ( PPP )


Untuk dapat mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan maka di semua fasilitas kesehatan diperlukan sumber daya kesehatan yang bermutu dan merata. Hal tersebut memungkinkan bahwa SDM kesehatan akan mengalami mutasi keberbagai tempat. Demikian pula dengan program dan kegiatan yang berlangsung di puskesmas, agar program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan dan target yang di tetapkan tidak menutup kemungkinan timbul program dan kegiatan baru disamping program dan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan di puskesmas.

Adanya perubahan tugas pokok dan fungsi pada penanggungjawab dan pelaksana dapat menyebabkan timbulnyaa maslah apabila penanggungjawab maupun pelaksana tidak memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu diperlukan program orientasi bagi penanggungjawab maupun pelaksana yang baru. Dengan adanya orientasi ini pegawai atau programer baru dapat memaham tugas pokok, visi, misi tata nilai puskesmas.

Pada tahun ini puskesmas Tembelang mendapatkan tambahan pegawai ASN baru yaitu perawat dua orang dan apoteker satu orang. Agar dapat beradaptasi dengan lingkungan puskesmas maka pegawai baru tersebut perlu melakukan kegiatan orientasi baik pengenalan lapangan maupun pemahaman terhadap visi, misi, tata nilai puskesmas.

Mempersiapkan penanggungjawab dan pelaksana baru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsinya dengan baik dalam rangkaa mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas

BACA JUGA : 

Dokumen Akreditasi Puskesmas
  1. BAB 1 Penyelenggara Pelayanan Puskesmas ( PPP ) DISINI
  2. BAB 2 Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas ( KMP ) DISINI
  3. BAB 3 Peningkatan Mutu Puskesmas ( PMP ) DISINI
  4. BAB 4 Upaya Kesehatan Masyarakat Yang Berorientasi Sasaran ( UPMBS ) DISINI
  5. BAB 5 Kepemimpinan Dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat ( KMUKM ) DISINI
  6. BAB 6 Sasaran Kinerja Upaya Kesehatan Masyarakat ( SKUKS ) DISINI
  7. BAB 7 Layanan Klinis Yang Berorientasi Pasien ( LKBP ) DISINI
  8. BAB 8 Manajemen Penunjang Layanan Klinis ( MPLK ) DISINI
  9. BAB 9 Peningkatan Mutu Klinis Dan Keselamatan Pasien ( PMKKP ) DISINI

BAB 1 Penyelenggara Pelayanan Puskesmas ( PPP )
  • BAB I.1 Analisis Keb. & Perencanaan
  • BAB I.2 Akses & Pelaksanan Kegiatan
  • BAB I.3 Evaluasi
Download File Lengkap DISINI

VIDEO DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS

Posting Komentar untuk "Dokumen Akreditasi Puskesmas BAB 1 Penyelenggara Pelayanan Puskesmas ( PPP )"

bukti akreditasi lengkap