Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Dan Silabus Mapel Bahasa Inggris K13 Revisi 2019 Kelas 8 SMP/MTs

RPP Dan Silabus Mapel Bahasa Inggris K13 Revisi 2019 Kelas 8 SMP/MTs


Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional 
  2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
  3. Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:

  1. kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
  2. kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
  3. kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

Landasan
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat 1 & 2, Pasal 38 Ayat 2 dan Pasal 51 Ayat 1.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 Ayat 1 & 2 dan Pasal 49 Ayat 1.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi  (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor: 22 dan 23.
  6. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi (Khusus untuk Madrasah Tsanawiyah).
  7. Rencana Pengembangan Madrasah.

Tujuan Pengembangan KTSP
Pengembangan KTSP bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah/madrasah melalui pemberian kewenangan, keluwesan, dan sumber daya untuk merancang kurikulumnya sendiri dengan mengacu pada rambu-rambu yang telah ditetapkan serta memonitor dan mengevaluasi kurikulum yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masing-masing. Dengan kemandirian tersebut diharapkan terjadi hal-hal sebagai berikut:

  1. Madrasah sebagai satuan pendidikan lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi dirinya dibandingkan dengan lembaga-lembaga lainnya, sehingga ia dapat mengoptimalkan sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan dan mengimplementasikan KTSP.
  2. Madrasah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya imput pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses pendidikan sejalan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
  3. Madrasah dapat bertanggung jawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada pemerintah, orang tua peserta didik, dan masyarakat pada umumnya atau stakeholders, sehingga ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan dan mencapai sasaran mutu pendidikan yang telah direncanakan.
  4. Madrasah dapat meningkatkan daya saing lembaganya masing-masing sesuai dengan tuntutan perubahan dan perkembangan iptek.
  5. Madrasah dapat melakukan persaingan sehat dengan satuan pendidikan lain, baik di dalam maupun dengan luar negeri untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya-upaya inovatif, kreatif dan antisipatif dengan dukungan orang tua peserta didik, masyarakat dan pemerintah daerah setempat.
Baca Juga  :

Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 ( RPP Format 1 Lembar )
  • Perangkat Pembelajaran MTK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Indonesia K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Inggris K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPS K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PKN K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PAI K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PRAKARYA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran SENBUD K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
Untuk RPP Dan Silabus Mapel Bahasa Inggris K13 Revisi 2019 Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Dan 2 sementara menunggu rilisnya maka dibawah ini dapat Anda baca-baca kembali Download RPP Dan Silabus Mapel Bahasa Inggris K13 Revisi 2018 Kelas 8,

  • Silabus B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 1 K13 Revisi 2018Unduh
  • Silabus B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 2 K13 Revisi 2018Unduh
  • RPP B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 1 K13 Revisi 2018Unduh
  • RPP B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 2 K13 Revisi 2018Unduh
  • Analisis waktu B.ING SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2018Unduh
  • KKM B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 1 K13 Revisi 2018Unduh
  • KKM B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 2 K13 Revisi 2018Unduh
  • Prota B.ING SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2018Unduh
  • Prosem B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 1 K13 Revisi 2018Unduh
  • Prosem B.ING SMP/MTs Kelas 8 Smtr 2 K13 Revisi 2018Unduh
  • Kalender Pendidikan SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2018Unduh
  • KD KI B.ING SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2018Unduh

Posting Komentar untuk "RPP Dan Silabus Mapel Bahasa Inggris K13 Revisi 2019 Kelas 8 SMP/MTs"

bukti akreditasi lengkap