Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi dan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar

Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi dan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar


Berbagai masalah, problem, dan kendala yang sering dijumpai saat melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi SIBOS PINTAR, beserta dengan solusi yang bisa dicoba antara lain.

1. Version Update Check - Never application version exist

Version Update Check


Masalah: Saat membuka aplikasi Sibos Pintar muncul kotak pesan "Version Update Check" dengan pesan "Never application version exist, you have to replace current app. Please download latest version installation in this link, and reinstalling." Artinya aplikasi yang digunakan merupakan versi lama dan meminta untuk diinstal versi aplikasi yang baru.

Solusi: Klik saja OK hingga browser membuka link untuk mengunduh aplikasi yang terbaru. Atau buka artikel Ayo Madrasah, Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag, yang menyediakan mirror download aplikasi versi terbaru. Saat menginstall versi terbaru, ada kalanya muncul perintah untuk menghapus terlebih dahulu aplikasi versi lama namun ada kalanya muncul jendela pesan yang berisikan pilihan "reinstall dan remove" pilih saja reinstall.

2. Version Update Check - Ada versi yang lebih baru

Sama seperti kasus di atas.


3. Windows Installer - Another version of this product is already installed

Windows Installer


Masalah: Saat akan menginstal aplikasi SIBOS PINTAR muncul jendela notifikasi "Windows Installer" dengan pesan "Another version of this product is already installed. Installation of this version cannot continue."

Artinya, telah terpasang versi aplikasi SIBOS PINTAR. Untuk mengganti ke versi yang lebih baru, silakan lakukan penghapusan aplikasi terlebih dahulu. Sehingga solusi masalah ini adalah menguninstall terlebih dahulu aplikasi yang ada baru melakukan install ulang.

Untuk menguninstall (menghapus) aplikasi SIBOS PINTAR caranya adalah:
  • Klik menu "start"
  • Klik "Control Panel"
  • Klik "Program and Feature"
  • Jika tidak ada, klik "Unistall Program"
  • Cari program bernama "SetupSIBOSPINTAR", klik
  • Klik "uninstall"
  • Muncul jendela notifikasi, klik "Yes"
  • Proses uninstall berlangsung, tunggu sampai selesai

4. NET Framework Initialization Error - To run this

NET Framework Initialization Error


Masalah: Muncul kotak pesan "Sibospintar_Admin.exe, .NET Framework Initialization Error" dengan pesan "To run this application, you fist must install one of the following version of the .NET Framework: v4.0"

Ini artinya komputer belum terinstal .NET Framework atau sudah terinstal tetapi dengan versi kurang dari yang disyaratkat yakni minimal versi 4.0. Solusi dari kasus ini adalah dengan mengunduh dan menginstal .NET Framework.

Silakan unduh .NET Framework v40 DI SINI (48 MB) lalu lakukan instalasi. Setelah .NET Framework terpasang baru lakukan instalasi SIBOS PINTAR.

Jika versi .NET Framework masih tidak cocok, silakan cari dan unduh yang cocok di situs resminya, https://www.microsoft.com/net/download

5. Login not success - Unable to connect to the remote serve

Login not success


Masalah: Saat membuka aplikasi muncul pesan "Error on check app version" atau "Login not success" dengan pesan "Unable to connect to the remote server". Ini artinya komputer tidak terhubung dengan internet. Solusinya pastikan komputer terhubung dengan internet dan koneksinya lancar.

6. Login not success - QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object

Maslah: Saat login atau telah berhasil login muncul jendela "Login not success" atau "Error" dengan pesan "QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object". Kasus Sibos Pintar ini berarti komputer tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau ada gangguan dengan jaringan internet. Pastikan koneksi internet lancar.

7. Error on exec - Failed on propose transaction no: 1

Kasus: saat menambahkan siswa atau lainnya, muncul jendela "Error on exec" atau "Error on" dengan pesan "Failed on propose transaction no: 1". Ini merupakan salah satu kasus yang paling sering terjadi. Hal ini disebabkan karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) atau traffik sedang penuh (terlalu banyak yang mengakses Sibos Pintar).

Solusi terhadap kendala Sibos Pintar Failed on propose transaction adalah pastikan koneksi internet lancar dan stabil serta melakukan percobaan berulang kali. Atau dapat juga dicoba untuk membuka aplikasi pada waktu jam-jam yang kemungkinan tidak banyak yang mengakses.

8. Gangguan Koneksi Internet - Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?

Kasus muncul jendela 'Gangguan Koneksi Internet" dengan pesan "Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?". Seperti kasus sebelumnya ini merupakan kasus yang paling sering ditemui. Penyebabnya sama, karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) atau traffik sedang penuh (terlalu banyak yang mengakses Sibos Pintar).

Solusinya terhadap kasus ini klik saja tombol "Yes" berulang kali dan pastikan koneksi internet lancar dan stabil. Selain itu ada baiknya membuka aplikasi (melakukan pemutakhiran) saat jam-jam sepi (tidak banyak yang mengakses).

Sumber : https://ayomadrasah.blogspot.com
Demikian Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi dan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi dan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar"

bukti akreditasi lengkap