Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Pedoman Skoring Akreditasi Jenjang SMP Atau MTs

Download Pedoman Skoring Akreditasi Jenjang SMP Atau MTs

Bobot Komponen Instrumen Akreditasi  
Instrumen Akreditasi SMP/MTs disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 169 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban.
Bobot Butir Instrumen Akreditasi  

Instrumen Akreditasi SMP/MTs memuat 169 butir pernyataan, masing-masing memiliki bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. Bobot butir pernyataan terendah adalah 1, dan bobot butir pernyataan tertinggi adalah 4.                                                            
Definisi operasional bobot butir adalah sebagai berikut. y Bobot 1 adalah bobot minimal untuk mendukung fungsi butir dalam proses pembelajaran agar dapat berlangsung. y Bobot 2 adalah bobot yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang layak. y Bobot 3 adalah bobot yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang baik. y Bobot 4 adalah bobot maksimal yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang sangat baik.

Skor Butir Instrumen Akreditasi 
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SMP/MTs merupakan pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban yaitu A, B, C, D, dan E. Ketentuan skor setiap opsi jawaban sebagai berikut. Butir pernyataan yang dijawab A memperoleh skor = 4. Butir pernyataan yang dijawab B memperoleh skor = 3.  Butir pernyataan yang dijawab C memperoleh skor = 2. Butir pernyataan yang dijawab D memperoleh skor = 1.  Butir pernyataan yang dijawab E memperoleh skor = 0.  Skor 4 disebut dengan Skor Butir Maksimum. 

Perhitungan Jumlah Skor Tertimbang Maksimum 
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing komponen akreditasi diperoleh dengan rumus: 
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing komponen akreditasi, 

Penentuan Nilai Akhir Akreditasi 
Berikut ini langkah-langkah untuk menentukan Nilai Akhir Akreditasi.  
  1. Mengkonversikan setiap opsi jawaban A, B, C, D, atau E ke dalam skor butir. Butir pernyataan instrumen yang dijawab A memperoleh skor butir 4 (A=4), B=3, C=2, D=1, dan E=0.  Contoh jawaban butir pernyataan instrumen beserta skor butir untuk standar isi ditunjukkan pada Tabel 3, kolom 2 dan 3.
  2. Masukkan bobot butir standar isi ke dalam Tabel 3, kolom 4.
  3. Menghitung Skor Tertimbang Perolehan untuk masing-masing butir dengan rumus: Masukkan hasil Skor Tertimbang Perolehan untuk standar isi yang diperoleh ke dalam Tabel 3, kolom 5, dari nomor butir 1 sampai dengan 17.
  4. Menghitung Jumlah Skor Tertimbang Perolehan dengan cara menjumlahkan skor tertimbang masing-masing butir, ditunjukkan pada Tabel 3 Kolom 5 baris terakhir. Jumlah Skor Tertimbang Perolehan untuk standar isi sama dengan 128. Selanjutnya masukkan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan ini ke dalam Tabel 4, kolom 5 pada standar isi.
  5. Mengulang langkah E1, E2, E3, dan E4 di atas untuk komponen 2 (standar proses) sampai dengan komponen 8 (standar penilaian pendidikan). Selanjutnya masukkan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan ke dalam Tabel 4, kolom 5 pada standar proses sampai dengan standar penilaian pendidikan.
  6. Menentukan Nilai Komponen Akreditasi dengan rumus:
Download File

Posting Komentar untuk "Download Pedoman Skoring Akreditasi Jenjang SMP Atau MTs"

bukti akreditasi lengkap